PROGRAM PAROKI TANGGUH BENCANA

Pada tahun 2022 ini, KARINAKAS melaksanakan program penemanan terhadap Tim Relawan Bencana Paroki-paroki di KAS, khususnya paroki yang wilayahnya rawan bencana atau potensi bencananya cukup tinggi. Harapan dari program ini adalah supaya setiap paroki yang rawan bencana memiliki tim relawan yang siaga dan berkapasitas dalam melaksanakan respon bencana, dan sekaligus para relawan tersebut menjadi mitra KARINAKAS dalam respon ketika terjadi bencana, mengingat bahwa ancaman bencana setiap tahun cukup besar. 

Data benc21

Bencana di Indonesia selama Tahun 2021

Beberapa Tim Relawan Bencana yang akan ditemani tahun 2022 ini di antaranya adalah Relawan Paroki St. Yusuf Pati (Kevikepan Semarang), Relawan Paroki St. Yakobus Bantul, Relawan Kevikepan Yogyakarta Barat (KYBAR), Relawan Rayon Gunungkidul (Kev. Yogyakarta Timur), dan Relawan di 11 paroki Lingkar Merapi (meliputi Kevikepan Surakarta, Kedu, Yogyakarta Barat dan Timur). Penemanan kepada masing-masing Tim Relawan Bencana tersebut dilaksanakan dalam beberapa kali pertemuan / kegiatan. Beberapa kegiatan yang telah terlaksana di bulan Februari ini adalah penemanan Relawan Paroki Pati (17/2/2022), Relawan Paroki Bantul (23/2/2022), dan Relawan Kevikepan Yogyakarta Barat (18 dan 22/2/2022).

Patii

Tim Relawan Bencana paroki Pati

Resi sell

Tim Relawan Bencana paroki Bantul

Kubar 22222

Sebagian Tim Relawan Bencana KYBAR

Program Paroki Tangguh Bencana yang dilaksanakan KARINAKAS ini mendapat dukungan dari Komisi PSE Nasional. Semoga dengan adanya program ini, Tim Relawan Bencana paroki semakin kompak, tangguh, dan berkapasitas dalam respon bencana sesuai standar CARITAS Indonesia, dan menjadi perpanjangan tangan Gereja dalam kegiatan kebencanaan. Salam belarasa. 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com