Tandur-Tandur Nambah Sedulur

penghijauan GK

Tandur-Tandur Nambah Sedulur merupakan Aksi Penghijauan dari Relawan Tanggap Bencana KARINAKAS Rayon Gunungkidul, yang bekerjasama dengan Karang Taruna Taruna Tani, Desa Hargosari, Tanjungsari, Gunungkidul. Aksi yang dilakukan tanggal 29 November 2019 itu adalah penanaman bibit-bibit tanaman antara lain: bibit mangga manalagi, jambu air madu deli, jambu air madu daleri, dan pohon cemara.

penghiajauan2

Lokasi penanaman adalah di sekitar Kapel Menthel, Timunsari, Hargosari, Tanjungsari, Gunung Kidul, dan di pinggiran Belik Embung Kemiri, Desa Hargosari, Tanjungsari, Gunung Kidul, yang saat ini kering tanpa air. Embung Hargosari ini dulunya merupakan embung yang airnya sangat melimpah, bahkan banyak ikan hidup di embung tersebut. Namun sejak tahun 1970 an, embung tersebut mulai mengering.

Kawasan Embung Kemiri ini sekarang dikelola oleh Karang Taruna Taruna Tani. Pada saat musim penghujan, mereka menanami sekitar embung dengan palawija, dan hasil palawija digunakan untuk kegiatan Taruna Tani. Ke depannya diharapkan ada aksi penanaman lagi yakni bibit buah-buahan seperti sirsak, jeruk, dan juga tanaman perindang. Semoga dengan aksi penghijauan ini, kedua lokasi tersebut semakin hijau dan rindang. (Sr. Huberta & Ag. Lasiman).

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com