Penyuluhan Kesehatan Sebagai Tindak Lanjut Rencana Aksi Pengurangan Risiko Bencana

Serut (07/10), Penyuluhan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Masyarakat Serut bekerjasama dengan Puskesmas Watu Gajah dan KARINAKAS merupakan rencana aksi yang diperoleh dari kajian – kajian kebencanaan yang telah dilakukan secara partisipatif. Sekitar 97 masyarakat dari tiga dusun memnuhi Balai Dusun Wangon, mereka berasal dari warga dusun Wangon, Dawung dan Serut.

Penyuluhan kesehatan dan sanitasi merupakan sebuah penguatan kapasitas masyarakat akan ancaman kekeringan yang kerap terjadi di area dampingan pengurangan risiko bencana KARINAKAS. Kekeringan tersebut akan menimbulkan penyakit dan banyak masalah untuk kelompok rentan. Kelompok rentan yang ada di wilayah tersebut mayoritas adalah petani. Kelompok rentan berikutnya adalah balita dan ibu hamil.
 

Masalah umum yang sering dijumpai di daerah ini adalah penyakit seperti kencing batu, diare dan penyakit kulit. Kurangnya air menyebabkan penyakit tersebut umum terjadi. Air masih sulit didapat karena faktor alam dan belum ada penanganan dan penanggulangan yang terorganisir dengan baik seperti air konsumsi yang kurang layak, belum ada sarana PAM, pengetahuan mengenai pengolahan air konsumsi, dan perawatan penampungan air umum dan pribadi.

Pembicara dari puskesmas menekankan agar warga menjaga kebersihan lingkungan harus diutamakan dirumah. Lingkungan yang tidak sehat akan mengundang nyamuk, serangga dan juga ternak yang dapat menularkan atau membawa wabah penyakit.

Setelah warga mendapat penyuluhan kesehatan dan sanitasi ini, warga memperoleh pengetahuan sebagai langkah antisipasi terhadap ancaman kekeringan. Karena hanya dengan cara memberi penguatan kapasitaslah yang dapat mengurangi dampak jatuhnya korban jiwa dari ancaman di wilayah yang mempunyai ancaman bencana.

 

 

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com