REKAM E-KTP LANSIA

KTP1

Tahun pertama Program Lansia (Eldery Project) KARINAKAS adalah fokus pada pendataan dan analisa mendalam kondisi para lansia di wilayah dampingan (pilot project). Hasil temuan dan analisa data di lapangan juga sudah disampaikan kepada pihak yang berwajib yakni Pemerintah Kabupaten dan Pemerintah Desa beserta perangkatnya.

Pemerintah setempat menyambut baik program lansia ini bersama dengan hasil data, dan ada yang kemudian melaksanakan tindak lanjut. Salah satu tindak lanjut tersebut adalah adanya Rekam E-KTP untuk para lansia yang belum memiliki KTP (ID).  

KTP2

Proses foto Ibu Rukiyem

Rekam E-KTP ini dilaksanakan oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Gunungkidul (28/2/2023). Mereka melaksanakan Rekam E-KTP dengan cara jemput bola yakni mengunjungi rumah para lansia, dan melaksanakan pengambilan data serta foto, ditemani Tim Program Lansia KARINAKAS. Ada tiga dusun yang dilayani Rekam E-KTP yakni Dusun Trowono A, Banjaran, dan Namberan, Desa Karangasem, Kecamatan Paliyan, Kabupaten Gunungkidul. 

KTP3

Ibu Legi kesulitan foto

Ada lansia yang mengalami kesulitan foto yakni Ibu Legi, Warga Dusun Banjaran, disebabkan karena kelemahan fisik sehingga kepala harus dibantu disangga. Karena proses pemotretan ini gagal, maka Disdukcapil akan mengeluarkan Surat keterangan Khusus untuk ibu Legi sebagai semacam pengganti ID. Dengan memiliki ID atau KTP, maka para lansia tersebut terdata di Pemerintahan, sehingga tidak kelewatan dalam menerima bantuan atau pemberdayaan dari Pemerintah, maupun kesempatan untuk terlibat dalam pembangunan masyarakat. Salam Lansia...

KTPP4

 

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com