PENANDATANGANAN MOU DAN SEMINAR LANSIA

TTD MOU oleh Gkr rez

YOGYAKARTA - KARINAKAS  Pada hari Senin, 04 Desember 2023, dilaksanakan penandatanganan MoU program lansia antara Yayasan KARINAKAS, yang diwakili oleh dilakukan oleh Direktur Yayasan KARINAKAS. Rm. Bernardus Himawan, Pr. dengan Ketua Umum KOMDA Lansia, Gusti Kanjeng Ratu (GKR) Hemas. Penandatanganan MoU yang bertempat di Keraton Kilen, Yogyakarta tersebut dimaksudkan untuk membangun Kerjasama antara Yayasan KARINAKAS dan KOMDA Lansia dalam pelaksanaan kerjasama program meningkatkan partisipasi lansia dalam masyarakat dan meningkatkan akses pelayanan kesehatan dan sosial.

Setelah penandatanganan MOU tersebut, pada hari Selasa, 12 Desember 2023, bertempat di Hotel Porta, Yogyakarta, dilakukan penandatanganan MoU antara Yayasan KARINAKAS dengan STIKes Panti Rapih, dan Kelurahan Karangasem. Kerjasama yang dijalin dengan beberapa pihak ini untuk memperkuat pelayanan kelanjutusiaan yang dilakukan Yayasan KARINAKAS di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). 

20231212 095031res

Rm. Bernardus Himawan, Pr. (kedua dari kiri) bersama para narasumber 

Di hari yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan seminar lansia yang menghadirkan tiga narasumber. Narasumber pertama, Rustiadi, dari Komda Lansia DIY dengan tema “Tantangan dan Respons di Aras Lokal”, Narasumber kedua, Agnes Mahayanti dari STIKes Panti Rapih yang mengangkat tema “Peran STIKes Panti Rapih Demi Terwujudnya Lansia Sejahtera”, dan Narasumber ketiga adalah Sigit Purnomo, Lurah Kelurahan Karangasem, yang menyampaikan kegiatan-kegiatan terkait Program Lansia.

“Tujuan dari seminar ini adalah untuk meningkatkan pemahaman lembaga-lembaga terkait tentang lansia dan memperkuat kolaborasi untuk peningkatan kesejahteraan lansia di DIY,” kata Pramono M., Program Manager Program Lansia KARINAKAS.

Seminar

Suasana Seminar Lansia yang dilaksanakan di Hotel Porta, Yogyakarta

Hal ini didasarkan pada kepedulian bahwa hak-hak lansia sejauh ini belum sepenuhnya didapatkan terutama pelibatan mereka dalam pengambilan kebijakan serta mendapatkan perlindungan dari kekerasan.

“Peran dari berbagai stakeholders dan kita semua untuk memberikan perhatian secara khusus kepada para Lansia sangatlah diperlukan agar mereka benar-benar mendapatkan apa yang dibutuhkan,” demikian  Rm. Bernardus Himawan, Pr. menyampaikan.

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com