Character Building KARINAKAS: Mengenal Biogas

 

Mengenal Biogas

CHARACTER BUILDING: Anak-anak penerima beasiswa sedang belajar tentang Biogas (Foto: Dok KARINAKAS)

Pada hari Minggu 20 Mei 2018, sekitar 25 siswa-siswi penerima beasiswa KARINAKAS mendapatkan pendampingan dalam rangka character building, khususnya bagaimana membangun sikap berkaitan dengan lingkungan hidup. Sebagai sarananya, mereka diperkenalkan dengan Biogas. Biogas adalah program yang sudah berjalan di Gayamharjo yang dipelopori oleh KARINAKAS, dan dijalankan oleh Kelompok Biogas Geni Panguripan Gayamharjo. Maka sebagai fasilitatornya adalah Tim dari Kelompok Biogas Geni Panguripan, bertempat di Rumah Ketua Kelompok Biogas, Bapak FX. Lamijo.

Pada kesempatan itu, para siswa diperkenalkan dengan apa itu Biogas, mulai dari mendengarkan penjelasan, tanya jawab, sampai melihat langsung yakni melihat proses pembuatan instalasi biogas, melihat instalasinya, dan melihat hasilnya. Siswa juga mendengarkan pengalaman bagaimana keuntungan menggunakan Biogas baik dari segi ekokomi yang membantu mengehemat pengeluaran, sampai pada keuntungan terhadap lingkungan hidup.

Biogas selain mengasilkan api untuk memasak dan untuk penerangan, juga menghasilkan pupuk organik yang bagus dan sehat untuk tanaman konsumsi misalnya sayur-sayuran. Harapan dari peremuan ini adalah anak-anak mulai dari sekarang diajak bagaimana menghargai lingkungan hidup, dan menjaga kelestariannya yang salah satunya dengan penghematan energi dengan menggunakan Biogas dan pupuknya. Semoga mereka menjadi generasi muda yang nantinya menjadi pejuang-pejuang kelestarian alam. (Rm. Toms)