Emergency Respon Banjarnegara

ER Banjarnegara

R. Anang Setiyargo, dari Yayasan KARINAKAS menyampaikan bantuan emergency yang diterima perwakilan warga setempat (Foto : Dok KARINAKAS)

Pada hari Rabu, 18 April 2018, pukul 13.28 WIB, Banjarnegara diguncang gempa bumi dengan kekuatan 4,4 SR. Pusat gempa terletak di darat pada kedalaman 4 Km pada jarak 52 Km utara kebumen. Banyak desa yang terdampak cukup parah di antaranya adalah Desa Kasinom, Desa Kertosari, Plorengan dan desa Sidakangen. Gempa bumi ini mengakibatkan kerugian jiwa dan juga material serta sekitar 200 orang mengungsi. Para warga terdampak tersebut membutuhkan sapaan dan bantuan.

Sebagai lembaga yang mengemban misi kemausiaan terlebih kebencanaan, pada hari Selasa, 24 April 2018, Karinakas bekerjasama dengan Karitas Purwokerto (Karito) mengirimkan bantuan kepada para warga terdampak, khususnya di Desa Plorengan, Kecamatan Kalibening, Kabupaten Banjarnegara. Bantuan berupa dana dan material (selimut, tikar, baju, hygiene kit dan lain-lain). Bantuan diterima oleh perwakilan dari warga terdampak yakni Koordinator Pokmas disaksikan oleh Perangkat Desa dan Posko. Perwakilan warga terdampak tersebut yang kemudian akan mengatur pendistribusian barang bantuan tersebut. (Rm. Martinus Sutomo, Pr)