Lomba Desa Unggulan Tingkat Kabupaten Sleman

Lomba Desa Gayamharjo

Eko Suhargono, S.IP, Camat Kecamatan Prambanan, Sleman (kiri), berbicang dengan Romo Tomo dan Sr, Huberta dari KARINAKAS (Foto: KARINAKAS)

Pada hari Jumat, 6 April 2018, di Kantor Desa Gayamharjo, terselenggara Lomba Desa Unggulan Tingkat Kabupaten Sleman-Yogyakarta. Lomba Desa Unggulan ini diselenggarakan oleh Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman. Lomba ini diikuti oleh perwakilan desa-desa se-Kabupaten Sleman. Desa Gayamharjo menjadi wakil Kecamatan Prambanan. Desa Gayamharjo mengutus para peserta lomba yakni kelompok-kelompok yang terdapat di Desa Gayamharjo. Mereka adalah kelompok-kelompok tani, kelompok usaha kecil, kelompok belajar, maupun kelompok atau komunitas dusun yang lainnya, termasuk Kelompok Biogas yang didampingi KARINAKAS. Masing-masing kelompok atau komunitas tersebut, menampilkan kekhasannya di stand-stand yang sudah disediakan. Lomba tersebut dinilai oleh penilai dari Tim Penggerak PKK Kabupaten Sleman yang diketuai oleh Ibu Hj. Sri Kustini Purnomo.

Kelompok Biogas Gayamharjo adalah salah satu kelompok yang ikut meriahkan Lomba Desa tersebut. Kelompok ini menyajikan miniatur instalasi biogas, dan sekaligus menunjukkan kegunaan atau manfaat biogas yakni untuk memasak dan penerangan. Selain itu biogas juga menghasilkan bioslury yakni pupuk organik. Beberapa pengunjung datang dan membeli pupuk bioslury.

Eko Suhargono, S.IP, Camat Kecamatan Prambanan, Sleman, dalam kunjungannya ke stand biogas sangat antusias mendukung berkembangnya Program Biogas. Harapannya seluruh warga di Desa Gayamharjo bisa mandiri energi, dan Program Biogas ini juga dapat mendukung pertanian yang ada di Desa Gayamharjo. (Rm Martinus Sutomo, Pr)

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com