Pertemuan & Outbond Relawan Karinakas Rayon Gunungkidul

Outbond kerjasama

Cuaca panas di tengah kebun jati yang meranggas di area outbond Tegalarum Adventure Park, Desa Sidorejo, Karangtengah, Kecamatan Wonosari, Kabupaten Gunung Kidul, tak mengurangi semangat 29 tim Relawan Tanggap Bencana KARINAKAS untuk bersama-sama membangun chemistry pada kegiatan Tim Building, Sabtu (07/09/2019).

Kegiatan ini merupakan salah satu langkah KARINAKAS untuk keakraban dan penguatan kapasitas relawan tanggap bencana. Dalam sambutannya, sebelum sesi outbond dimulai, Rm. Martinus Sutomo, Pr, Direktur KARINAKAS, menyampaikan, “Satu pipa hanya sedikit manfaatnya, tapi pipa dalam jumlah yang banyak, akan mampu mengalirkan air untuk lebih banyak orang. Begitu juga dengan Tim Relawan Tanggap KARINAKAS, dengan bekerja bersama, pekerjaan-pekerjaan kemanusiaan terkait dengan kebencanaan akan tertangani lebih efektif dan efisien”.

Hampir semua permainan yang dilakukan mengajak peserta untuk berlatih kerjasama, kekompakan, leadership. Hal ini sangat diperlukan ketika kegiatan tanggap bencana, yang harus cepat tanggap kejadian yang sedang terjadi dan apa kebutuhannya. Beberapa permainan juga melatih peserta untuk konsentrasi, agar peserta tidak mudah panik saat tanggap bencana. Beberapa fasilitator kegiatan ini adalah teman-teman dari NU, Banser dan Tagana

Outbond river tubing

Salah satu permainan yang ada adalah mencari lokasi dengan menggunakan informasi gambar yang digambar via media social. Kegiatan dimaksudkan untuk melatih peserta mengenali lokasi dengan benar, menemukannya dan melakukan tindakan yang diperlukan. Sebagai relawan tanggap bencana, sangatlah penting mengolah informasi yang diterima dengan jelas, baru memutuskan apakah informasi tersebut perlu disebarkan, perlu ditindak lanjuti atau tidak. Kegembiraan dan kekompakan ini semakin hangat ketika  dilanjutkan dengan River Tubbing

Pada sesi penutup, peserta diajak untuk kembali melihat makna setiap permainan yang telah dilakukan dan manfaatnya untuk kerja-kerja tim kerelawanan. Peserta juga diajak untuk mengenali bahwa dalam kerja tim, masing-masing pribadi dalam tim memiliki kemampuan yang berbeda-beda, yang harus disatukan mencapai tujuan bersama.

Sejak dibentuk pada 19 Mei 2019, Relawan Tanggap Bencana KARINAKAS Rayon Gunung Kidul ini telah membuktikan ketrampilannya dalam tanggap bencana kekeringan di wilayah terdampak kekeringan di kabupaten Gunungkidul. Semoga kegiatan tanggap bencana kekeringan ini juga mampu menghadirkan belarasa dan wajah sosial Gereja dalam situasi kebencanaan. (Sr. M. Huberta FSGM).

© 2010 karinakas.or.id. | +62 274 552126 | karinakas.office@gmail.com